Wisata Sekitar Pangandaran

Pangandaran

Pangandaran
Pangandaran

Objek wisata yang merupakan primadona pantai di Jawa Barat ini terletak di Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran dengan jarak ± 92 km arah selatan kota Ciamis, memiliki berbagai keistimewaan seperti:
Dapat melihat terbit dan tenggelamnya matahari dari satu tempat yang sama

  • Pantainya landai dengan air yang jernih serta jarak antara pasang dan surut relatif lama sehingga memungkinkan kita untuk berenang dengan aman
  • Terdapat pantai dengan hamparan pasir putih
  • Tersedia tim penyelamat wisata pantai
  • Jalan lingkungan yang beraspal mulus dengan penerangan jalan yang memadai

Terdapat taman laut dengan ikan-ikan dan kehidupan laut yang mempesona.
Dengan adanya faktok-faktor penunjang tadi, maka wisatawan yang datang di Pangandaran dapat melakukan kegiatan yang beraneka ragam: berenang, berperahu pesiar, memancing, keliling dengan sepeda, para sailing, jet ski dan lain-lain.

Adapun acara tradisional yang terdapat di sini adalah Hajat Laut, yakni upacara yang dilakukan nelayan di Pangandaran sebagai perwujudan rasa terima kasih mereka terhadap kemurahan Tuhan YME dengan cara melarung sesajen ke laut lepas. Acara ini biasa dilaksanakan pada tiap-tiap bulan Muharam, dengan mengambil tempat di Pantai Timur Pangandaran.
Event    pariwisata bertaraf internasional yang selalu dilaksanakan di sini adalah Festival Layang-layang Internasional (Pangandaran International Kite Festival) dengan berbagai kegiatan pendukungnya yang bisa kita saksikan pada tiap bulan Juni atau Juli.
Fasilitas yang tersedia:
Sudut lain Pantai Pangandaran
1. Lapang parkir yang cukup luas,
2. Hotel, restoran, penginapan, pondok wisata dengan tarif  bervariasi,
3. Pelayanan pos, telekomunikasi dan money changer,
4. Gedung bioskop, diskotik
5. Pramuwisata dan Pusat Informasi Pariwisata,
6. Bumi perkemahan,
7. Sepeda, ATV, Banana Bot, Kuda dan ban renang sewaan,
8. Parasailing dan jetski.

Green Canyon

Green Canyon
Green Canyon
Green Canyon
Green Canyon
Green Canyon
Green Canyon
Green Canyon
Green Canyon
Green Canyon
Green Canyon

Green Canyon nama aslinya adalah Cukang Taneuh, terletak di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang, ± 31 km dari Pangandaran.
Objek wisata ini merupakan aliran sungai Cijulang yang menembus gua dengan stalaktif dan stalaknit yang mempesona serta diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan menyajikan atraksi alam yang yang khas dan menantang.
Di mulut gua terdapat air terjun Palatar sehingga suasana di objek wisata ini terasa begitu sejuk. Kegiatan yang dapat dilakukan diantaranya panjat tebing (rock climbing), berenang, bersampan sambil memancing.
Untuk mencapai lokasi ini wisatawan dapat menggunakan perahu yang banyak tersedia di Dermaga Ciseureuh, baik perahu tempel maupun perahu kayuh.
Objek wisata ini berdekatan degan objek wisata Batukaras serta Lapangan Terbang Nusawiru.

Batu Hiu

Batu Hiu
Batu Hiu
Batu Hiu
Batu Hiu

Terletak di Desa Ciliang Kecamatan Parigi, ± 14 km dari Pangandaran ke arah Selatan. Memiliki panorama alam yang sangat indah. Dari atas bukit kecil yang ditumbuhi pohon-pohon Pandan Wong, kita menyaksikan birunya Samudra Indonesia dengan deburan ombaknya yang menggulung putih. Sekitar 200 meter dari pinggir pantai terdapat seonggok batu karang yang menyerupai ikan hiu, karena itulah tempat ini dinamakan Batu Hiu. Hembusan angin pantai menemani kita saat melepaskan pandangan ke arah samudra atau hamparan pantai sebelah timur yang terbentang hingga Pangandaran. Anda dapat menikmati suasa alam pantai dengan berjalan-jalan di bukit yang teduh atau duduk santai bersama keluarga. Sungguhpun Anda tidak dapat berenang karena ombaknya yang cukup besar, Anda masih bisa berjalan-jalan di pantai menikmati simbahan busa butih yang datang bersama debur ombak Batuhiu.
Jangan lupa untuk membawa cinderamata sebagai oleh-oleh bagi keluarga di rumah yang bisa Anda dapatkan di Batuhiu.

Karang Nini

Karang Nini
Karang Nini
Karang Nini
Karang Nini

Pantai Karangnini, dari atas bukitObjek wisata ini terletak di Desa Emplak, Kecamatan Kalipucang ± 83 km dari kota Ciamis ke arah Selatan.
Sepanjang jalan dari pintu gerbang ke lokasi, akan Anda nikmati kesejukan hutan jati dengan irama alam liarnya.
Bukan itu saja, pada beberapa bagian jalan ini akan dihidangkan panorama pantai di kejauhan dengan latarAkomodasi Pantai Karangnini belakang Sagara Anakan.
Sungguh sebuah pemandangan yang tak terlupakan apabila Anda datang pada saat cuaca cerah.
Sebelum mencapai pantai Anda pun akan menjumpai Pondok Wisata yang dikelola oleh Perhutani Kabupaten Ciamis. Anda beberapa tipe yang dapat Anda pilih. Dengan tarif/malam yang bersaing Anda dapat Pantai Karang Ninibersantai bersama keluaga menikmati suasana alam yang tenang dengan panorama pantai yang menakjubkan.
Di pantai ini terhampar batu-batu karang yang salah satunya menyerupai seorang nenek (nini dalam bahasa Sunda) yang sedang menunggu si kakek, sehingga tempat ini dinamakan Pantai Karangnini.

Batu Karas

batu-karas7batukaras

Objek wisata yang satu ini merupakan perpaduan nuansa alam antara objek wisata Pangandaran dan Batu Hiu dengan suasana alam yang tenang, gelombang laut yang bersahabat dengan pantainya yang landai membuat pengunjung kerasan tinggal di kawasan ini. Terletak di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang dengan jarak ± 34 km dari Pangandaran.
Pantainya yang landai dengan air laut tenang nan biru Rumah Makan Pantai Batukarasmenanti Anda untuk segera berenang menikmati airnya yang segar.
Anda bisa nikmati suasana tenang dengan angin sepoi-sepoi menikmati hidangan di rumah makan yang tersedia. Pandangan lepas ke ujung cakrawala memberi Anda ketenangan dan kenangan berlibur yang menyenangkan.
Kegiatan wisata yang dapat dilakukan selain berenang antara lain:  berperahu di bengawan, berkemah dan berselancar.
Jika liburan Anda bersama keluarga, akomodasi telah tersedia untuk Anda, ada pondok wisata yang dilengkapi dengan arena bermain dan rumah ibadah. Pondok wisata ini dikelola langsung oleh Diparda Kabupaten Ciamis.
Fasilitas lainnya yang tersedia antara lain: Hotel, Camping Ground, Kios Cinderamata, sewaan papan selancar dan ban renang.

TARIF RETRIBUSI MASUK OBJEK WISATA
(PERDA NO. 9 TAHUN 2003)

:: Berlaku mulai 1 Mei 2003 ::

tarif1tarif2

Peta Wisata Kab. Ciamis

peta_ciamisspot

About these ads

26 Balasan ke Wisata Sekitar Pangandaran

  1. astry mengatakan:

    Tapi kayaknya tarifnya turun tuh,,
    Kemarin liburan sekolah saya ke Pangandaran, cuma bayar 15rb.
    Di karang nini dan batu hiu bagus buat Pre-Wedding loh..

  2. astry mengatakan:

    15 Ribu pake Mobil maksudnya.. :)

  3. Cah ngadirejo mengatakan:

    Kl ada tlg kasih sejarah makam yg ada di karang nini duong..Menurut dari sumber yg pernah aku dengar bahwa karang nini termasuk banyak mistis,trmasuk makan daerah karang nini..Thangs ya..Slm rohmatullah..

  4. astry mengatakan:

    Ya mungkin ada, cuma kalau saya bandingkan dengan pantai2 daerah jawa tengah jauh beda bgt. Saya pernah mengunjungi pantai srandil, dan pantai2 lain di jateng. pemandangan yg terlihat adl orang2 yang sedang bertapa.. Kalau di pangandaran dan sekitarnya pemandangan seperti itu jarang terlihat,,

  5. ghifa mengatakan:

    tolong dong foto2 di pananjung yang terkini, semenjak sunami kami masih takut main kesana..thanks

  6. astry mengatakan:

    Kalau untuk pantai pangandaran, karang nini, batu hiu, green canyon sudah di perbaiki lagi.. 1 tahun pasca tsunami perbaikan sudah selesai ko, hotel dan nelayan sudah berjalan seperti pra tsunami.. hampir tak terlihat bekasnya, cuma 1 tahun pasca tsunami masih sepi, tapi setelah itu dalam beberapa kali kunjungan saya melihat pantai telah ramai kembali..

  7. adi mengatakan:

    klo akses ke green canyon naik perahu tarifnya berapa?
    trus naik na dari mana?
    tolong info na yahhh…
    makasih…
    -Adi-

  8. astry mengatakan:

    Info terakhir sih kurang lebih sekitar 200rb/6 orang, ya mungkin sekarang lebih murah karena wkt itu lg liburan,,,

  9. rendhy ngr mengatakan:

    hoyong abi kadinya tapi gg pnya Alhaduna boz……………..
    kumha ngapung wae……………….ato….
    pinjam Pintu Ajaib mA doraemon..he..he…

  10. adi mengatakan:

    oia penginapan di batu karas, dimananay sih? thx

  11. astry mengatakan:

    Batu karas bagus utk surfing, kemarin masuk Jejak Petualang Trans7…

  12. isan mengatakan:

    tanggal 16 gw linggih k situ euy !
    tunnang’n d sonoo juara meureun yaa !!
    hahahaaaaa …..

  13. agung saepuloh mengatakan:

    eh tmen2 tau ngak sih klau pangandaran ituh tmpat yang enak untuk kita rekreasi bersama keluarga,sahabat maupun tmen2.oh iya klau ke pangandaran jangan lupa mampir ke green canyon yah.

  14. Wahyu Ali Supardja mengatakan:

    Saya terakhir ke Pangandaran Tahun 1979 semasa kuliah di Jl. garut Bandung, saya ingin sekali ke Pangandaran dan sekitarnya karena nampaknya semakin tertata rapi, terima kasih

  15. adis suhendar mengatakan:

    Batu Karas memang asyik buat orang tua, orang muda maupun anak2, ombaknya tidak terlalu besar sehingga anak2 kecilpun bisa merasakannya, kepada pemda setempat tolong jaga terus batu karas jangan sampe tidak terrawat, terima kasih.

  16. Rahmi mengatakan:

    Makasih infonya, sangat bermanfaat. Plus foto2na yang cantik;-)

  17. aldiansyah mengatakan:

    saya dan keluarga mau berlibur ke bat6u karas. tolong info tarif penginapannya dong.. dan dimana lokasinya.terima kasih

  18. astry mengatakan:

    Kalau untuk menginap lebih baik di pangandaran, klo di batu karas aga sepi dan paling juga ada rumah yg di sewakan. Kalau sedang liburan begini tarif 450-500 untuk villa atau bungalow.

  19. gocex mengatakan:

    q dulu kesana mcih kecil,,,pa masih kayak dulu ya pantainya………..pa da renovasi lagi…….pantainya mang cukup indah………
    q.jdi ingin kesana,,,,,,,,,,,,,tpi kapan ya,,,

  20. Lisa Aiko mengatakan:

    wah…jadi pengin ke sana neehh..ada hotel atau pondok penginepan yg murah ngga yaaa…resto atau warung makan yg enak dimana yaaa???

  21. ringo mengatakan:

    kalo ga liburan tarif hotel banyak yg murah.
    ada namanya PONDOK WULAN,bersih,terawat,baru.
    Deket ama pantai trus deket ama jalan keluar dari wilayah Pantai dan Tenang.
    Pake AC Rp 125,000 – Rp 150,000

  22. YOUNGKY AGUS SETIJADI mengatakan:

    pengin cari hotel di bawah 100.000

  23. anggita yosshie p. mengatakan:

    pengin cari hotel yg ada kolam renang nya ya sama harga hotel nya murah

  24. taryati mengatakan:

    kalau sekarang tiket masuk nya berapa,,,,,??? kalau ada yng tau, tolong kasi tau, atau kirim aja ke alamat email ini,,,,,

  25. yayat hidayat mengatakan:

    tolong untuk tarif terbaru dicantumkan termasuk bila ada perubahan, akurasi info tersebut sangat penting biar ga repot tanya2 atau suvey…

  26. denny mengatakan:

    mau tanya tarif watersport di pantai karas berapa skrg ? terus mohon info tarif penginapan di hotel flamboyan n tlp reservasi di jakarta ke email ini y….. thank’s a lot

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: