Tips Google untuk Mengatasi Web Spam

Sudah bukan rahasia lagi bahwa spam saat ini terus mengancam untuk memenuhi situs dan in-box e-mail anda. Namun para pemilik situs dapat mengambil tindakan untuk memerangi hal tersebut, kata pakar dari Google hari Jumat kemarin.

Matt Cutts , pemimpin dari tim Webspam Google dan seorang teknisi yang telah memerangi spam selama delapan tahun, menawarkan beberapa tips untuk mengatasi spam pada perbincangan di Web 2.0 Expo.

“Spammer juga manusia,” kata Cutts. “Anda berkuasa untuk menaikkan tekanan darah mereka. Buatlah mereka menghabiskan waktu dan usaha yang lebih (untuk melakukan spam). Jika mereka frustasi, mereka akan mencari situs lain yang lebih mudah.”

Berikut adalah beberapa tips bagi mereka yang memiliki atau mengolah situs pribadi.

  1. Gunakan captcha systems untuk memastikan orang sungguhan, bukan bot, yang memberikan komentar pada situs anda. Gunakan teka-teki matematika sederhana – berapa 2+2? – atau gunakan KittenAuth, yang mengharuskan pengunjung mengidentifikasi foto kucing. Seorang blogger hanya mengharuskan pengunjung untuk mengetik kata “orange” ke dalam sebuah textbox. Sebagian besar bot tidak akan melakukan hal itu.
  2. Ubah konfigurasi software setelah anda meng-install-nya. Sedikit modifikasi sederhana akan membingungkan bot.
  3. Gunakan sistem yang menilai orang berdasarkan kepercayaan dan reputasi. Sebagai contoh, eBay menunjukan seberapa lama seseorang telah menjadi anggota dan seberapa puas pengguna lain dalam bertransaksi dengan orang tersebut.
  4. Jangan takut menggunakan jasa search engine optimization (SEO). “SEO bukan spam. Google tidak membenci SEO,” kata Cutts. “Ada banyak perusahaan white-hat SEO yang bersedia membantu anda.”

Daftarkan situs anda pada situs Google Webmaster Central untuk mengidentifikasi trik SEO yang tidak benar seperti huruf berwarna putih yang dituliskan di atas latar belakang putih, tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: