Cara Mengamankan Komputer/Laptop yang Hilang/Dicuri

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengamankan komputer/laptop Anda, yaitu secara fisik/hardware, dengan software dan beberapa cara lain.

Fisik/Hardware

Pengamanan secara fisik biasanya menggunakan kunci seperti yang biasa digunakan pada sepeda, tapi bedanya jika untuk sepeda anda mengaitkannya kuncinya ke ban, maka pada laptop kunci ini dikaitkan ke meja atau perabotan sekitar yang kuat untuk menahannya.

Lalu ada juga yang menggunakan perangkat alarm yang ditancapkan ke komputer melalui koneksi USB. Apabila perangkat USB ini terlepas pada saat pencuri berusaha mengambil laptop Anda, alarm tersebut akan berbunyi. Tentu saja Anda harus berada di sana untuk mencegah pencuri melarikan diri.

Ada pula pengaman sejenis sensor yang memiliki kemampuan untuk mendeteksi gerak dengan alarm yang mampu menghasilkan suara sekeras 100 db, tinggal tancapkan pada laptop Anda, lalu ketikkan password, dan laptop siap untuk ditinggal. Jika ada seseorang yang berusaha memindahkan laptop Anda maka sensor yang ada akan memicu alarm dari perangkat tersebut.

Software

Karena pada kategori ini saya menemukan banyak software yang berbayar maupun yang gratis, maka saya hanya menjelaskan software yang gratis lalu memiliki fitur paling lengkap dan dapat melengkapi kerja software yang lain untuk mengamankan laptop Anda.

LaptopLock adalah sebuah software di dalam komputer yang memanfaatkan koneksi internet sehingga terhubung dengan server pusat milik LaptopLock.

Software yang bernama ini dapat mengamankan data dan membantu jika sewaktu-waktu laptop kita dicuri atau hilang. Yang dapat dilakukan oleh LaptopLock saat komputer anda dicuri adalah:

  • Menghapus data
  • Mengenkripsi data
  • Menampilkan pesan ke pengguna laptop
  • Menjalankan suatu aplikasi
  • Membunyikan suara
  • Visible / hidden dari pengguna laptop

Untuk memakainya, sign-up gratis di situs LaptopLock, daftarkan komputer anda lalu instal Laptoplock di komputer. Jika suatu saat laptop anda dicuri, anda dapat kemudian membuka akun yang telah anda buat sebelumnya dan memilih apa saja yang akan dilakukan.

Sebagai contoh, misalkan laptop Anda dicuri, Anda login ke akun LaptopLock, lalu tandai status komputer Anda “Report Missing Computer.”

Tidak lama kemudian laptop yang hilang/dicuri tadi jika terhubung ke jaringan internet, maka software LaptopLock akan menjalankan tindakan-tindakan yang sudah Anda setting sebelumnya.

Untuk menyimpan file-file penting dan sensitif dalam bentuk terkenkripsi, saya merekomendasikan software-software ini:

  • Bitlocker (sudah ada di dalam OS Windows Vista)
  • FileVault (sudah ada di dalam OS Macs)
  • TrueCrypt
  • Kruptos
  • Cryptor

Software + Hardware

Contohnya dengan memanfaatkan webcam yang ada di laptop, namun hanya khusus bagi Notebook yang mempunyai kamera iSight dan sensor gerak seperti yang ada di MacBook dan MacBook Pro. Dengan menambahkan freeware iAlert ke dalam MacBook, webcam anda dapat memotret wajah si pencuri dan mengirimkannya ke FTP server Anda secara otomatis.

3 Balasan ke Cara Mengamankan Komputer/Laptop yang Hilang/Dicuri

  1. astry mengatakan:

    Buat mas hary (bagol15)..
    LaptopLock itu di instal di OS bukan di BIOS. Karena cara kerjanya kita mendaftar ke http://www.thelaptoplock.com/ dan mendapatkan account baru, setelah itu kita instal softwarenya.
    Untuk pilihan jawaban saya tidak memilih semuanya karena kita membuat setting awal pada saat instalasi laptopLock, LaptopLock akan meminta pemakai untuk memverifikasi identitas mereka dengan meminta suatu kata sandi. jadi OS tidak akan dapat di Uninstal.
    Karena cara kerjanya :
    – laptoplock tidak memonitor atau merekam tindakan pemakai.
    -laptoplock tidak mengijinkan seseorang mengakses ke data atau komputer mu.
    -laptoplock hanya dapat melaksanakan tindakan pemakai yang dikendaki oleh pemilik.

  2. astry mengatakan:

    Maaf Comment dari bagol15 ke-delete. Saya tampilkan lagi Commentnya :
    ————————————————-
    saya mw tanya nech..

    Seumpama laptop yg dicuri td kan sudah diinstal LaptopLock…Ntuch software diinstalnya dr OS ap dr BIOS???klo dr OS, seumpama OSnya diinstal ulang bgaimana nasib Laptop trsbut???Pilih:
    A. Apakah Laptop trsbut msh bs dilacak???
    B. Apakah Laptop trsbut tidak bs dilacak???
    C. Ngga’ Tau???

    mohon dijawab ya…

    Terima Kasih..
    ————————————————-
    Jawaban ada di atas.

  3. dafiDRiau mengatakan:

    Awah Baru tau nih,,, kemarin LT adik dicuri orang di MEsjid

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: