Ubah Kamera Canon Anda Menjadi Kamera Super

Apabila anda menggunakan sebuah kamera digital Canon, anda memiliki sebuah alat elektronik yang mampu menggunakan fitur – fitur yang jauh lebih canggih dari apa yang anda bayangkan. Dengan bantuan proyek open source bernama CHDK, anda dapat menggunakan fitur – fitur seperti pemotretan dalam mode RAW, histogram RGB, deteksi gerakan dan bahkan memainkan game di kamera anda.

Apa itu CHDK?

Singkatan dari Canon Hacker’s Development Kit, CHDK adalah sebuah firmware tambahan yang dapat dipakai di berbagai model kamera digital Canon (lihat di bagian “Supported Cameras” di Wiki CHDK). Saya menekankan aspek “tambahan” karena CHDK adalah alat yang bersifat non permanen dan tidak akan merusak kamera anda.

Untuk memakai CHDK, anda hanya perlu meyalin beberapa file ke memory card kamera anda, dan untuk menghilangkannya, cukup hapus file – file tersebut. Untuk instruksi yang lebih mendetil, lihatlah panduan ini.

Fitur – fitur CHDK

Setelah anda yakin kemudahan instal firmware ini, tentunya anda bertanya – tanya apa yang akan anda dapat dengan menggunakan perangkat lunak ini. Langsung diambil dari wiki CHDK:

  • Fitur gambar yang lebih baik: CHDK mendukung pengambilan gambar dalam format RAW (selain JPEG), dapat merekam video dengan durasi lebih lama (hingga 1 jam atau 2GB) dan beberapa opsi kompresi.
  • Tambahan informasi di layar: dengan CHDK, anda dapat mengubah tampilan layar kamera anda sesukanya dengan informasi-informasi berguna seperti sisa baterai, histogram, fokus dan lain-lain.
  • Konfigurasi fotografi tambahan: CHDK mengambil banyak fitur yang sudah tersedia di kamera anda dan memberikan anda jauh lebih banyak lagi, termasuk exposure time yang lebih tinggi (hingga 65 detik), shutter speed yang lebih cepat (1/25.000 detik atau bahkan lebih cepat lagi), automatic bracketing dan lain-lain.
  • Mendukung pemakaian program/skrip kecil: CHDK dapat mengoperasikan skrip-skrip kecil yang memungkinkan kamera anda untuk melakukan beberapa hal tergantung dari skrip yang anda tulis. Sudah banyak skrip yang tersedia, dan mereka memberikan fungsionalitas seperti pengambilan gambar motion sensing (digosipkan dapat dipakai untuk memotret sambaran kilat) dan fotografi periodik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: