Quantum Dots, Masa Depan Memori Komputer

Tak dapat disangkal lagi, teknologi memori dan penyimpanan komputer saat ini masih jauh dari sempurna. Namun jangan khawatir, ilmuwan dari Universitas Teknik di Berlin sedang membawa kita lebih dekat pada teknologi yang lebih menjanjikan.


Ada tiga bentuk utama dari penyimpanan dan memori saat ini.

DRAM (dynamic random access memory), memori di dalam komputer anda yang cukup cepat, namun tidak dapat menyimpan data dalam jangka waktu yang lama – ia harus di refresh 100 kali per detik untuk mempertahankan data.
Flash memori, memori yang digunakan dalam memori stick dan beberapa peralatan seperi iPod nano, dapat menyimpan data dalam waktu lama tanpa refreshing. Namun ia menuliskan informasi 1000 kali lebih lama daripada DRAM.
Hard drive, sesuatu yang digunakan oleh komputer anda untuk penyimpanan permanen, memiliki kinerja buruk untuk kedua kategori – ia menulis dengan sangat lambat dan akan rusak setelah beberapa tahun, yang berarti data anda tidak aman.
Para ilmuwan sedang mencari solusi untuk masalah – masalah ini – dan jawabannya adalah quantum dots. Quantum dots adalah “pulau – pulai” kecil yang terdiri dari semi konduktor yang terdiri dari memori, dan dapat menciptakan penyimpanan yang dapat bertahan lama.
Ilmuwan menunjukan bahwa memori quantum dot dapat menyimpan 1 terabyte (1000 gigabyte) data dalam setiap inci persegi. Mereka juga menunjukan bahwa ia dapat menuliskan informasi pada memorinya hanya dalam 6 nano detik, dengan batas teoritis sampai ukuran pico detik.
Walapun teknologi ini masih jauh dari jangkauan konsumen, tidak lama lagi teknologi ini akan segera muncul. Ia akan sangat menjanjikan dan dapat menggantikan semua memori yang ada saat ini. Bayangkan anda menghubungkan 500GB memori stik pada komputer dan tidak lama kemudia anda dapat menonton film dengan high-def.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: