GAWAT KEBEBASAN INTERNET TERANCAM!!!!!!!

Setiap penyedia jasa internet besar di seluruh dunia sedang sibuk-sibuknya mencari kerjasama dengan para penyedia akses dan informasi, di mana tujuannya adalah untuk mentransformasikan internet menjadi media perantara seperti televisi. “Tidak ada lagi kebebasan”, Anda harus berlangganan paket seperti halnya TV kabel untuk mengakses situs komersil yang bisa Anda kunjungi dan harus membayar lagi untuk berlangganan terpisah setiap situs yang tidak termasuk ke dalam paket.
Diperkirakan banyak situs-situs atau jasa-jasa internet kecil yang mulai menghilang satu per satu dan perusahaan multi-nasional yang biasa menggunakan dana raksasa untuk memaksakan kekuatan mereka dalam menyebarkan sebuah informasi melalui setiap media akhirnya akan bisa melakukan pendekatan terhadap internet dengan cara yang sama. Di bawah ini terdapat sebuah ilustrasi yang menggambarkan perubahan yang sedang terjadi dalam dunia internet ini:

Apa yang bisa kita lakukan?
Para penyedia jasa internet telah menyadari kalau satu-satunya cara untuk tidak kehilangan sejumlah besar pelanggan adalah dengan tidak menyediakan alternatif lainnya. Inilah mengapa para penyedia jasa internet besar sekarang sedang sibuk membuat persetujuan dan berencana untuk berganti secara bersamaan sekitar tahun 2021 nanti. Walaupun begitu, hal ini berjalan dengan adanya pengawasan ketat NDA (Non-Disclosure Agreements), karena hal terakhir yang mereka inginkan adalah massa mulai menyuarakan pertentangan akan hal tersebut.

Sumber ini ( http://ipower.ning.com/netneutrality/ ) bisa didapat karena sumber sudah sangat terkenal sebagai aktifis jaringan yang netral (net neutrality) untuk sekian lama dan selama ini sumber memiliki berbagai macam kontak dengan banyak orang dalam industri-industri besar. Situs dengan nama I Power ini akan terus melanjutkan idealisme mereka dan mereka akan selalu berperan sebagai wadah untuk menggabungkan kekuatan, berbagi ide, dan menyebarkan informasi.
Sudah menjadi tanggung jawab mereka untuk menyebarkan berita ini kepada masyarakat sekalian. Semakin orang-orang menyadari adanya hal buruk ini, maka semakin tidak mungkin bagi para penyedia jasa internet untuk melakukan perubahan ini. I Power mengajak kita semua untuk memastikan pada tahun 2012, Para ISP (Internet Service Provider) bahkan tidak akan berani memikirkan hal tersebut yang sangat bertentangan dengan prinsip “Kenetralan Jaringan” (net neutrality).

Info lebih lanjut
Kenetralan jaringan telah menjadi isu yang diperdebatkan dalam beberapa tahun belakangan dan telah banyak kasus terjadi, seperti memblokir akses untuk situs milik kompetitor tertentu atau mengurangi kecepatan download untuk beberapa jasa yang mereka rasa terlalu banyak menghabiskan bandwidth mereka (contoh: BitTorrent). Informasi yang baru saja dikonfirmasi sendiri oleh beberapa orang dalam ISP besar ini bisa memberikan gambaran masa depan tentang kebebasan internet seperti apa yang akan terjadi jika kita tidak segera bertindak.

Mengapa hal ini terjadi? Industri media dan pemasaran telah kehilangan genggaman pada generasi mendatang yang sangat internet-minded. Statistika menunjukkan kalau media tradisional semakin kehilangan popularitas sementara internet terus berkembang pesat setiap tahunnya. Internet sendiri merupakan tempat yang sangat berbeda. Pelanggan tidak lagi pasif dan iklan-iklan tidak memiliki efek psikologis yang mereka biasanya miliki pada televisi. Pengguna internet sangat aktif dan fokus, mereka hanya mengunjungi situs-situs dan jasa yang mereka inginka, dan dengan jumlah alternatif yang tidak terbatas, pengguna dengan mudahnya berganti ke hal lain jika satu jasa dirasa sudah terlalu komersil dengan iklan-iklan yang mengganggu. Dengan pemikiran yang demikian, tidaklah mengejutkan kalau dalam 6 tahun terakhir, industri ini secara diam-diam sedang berencana untuk „mengambil alih” internet sebagai lahan bermain murni untuk komersil.

Sebarkan berita ini
Jangan kuatir, karena masih ada harapan….. Semakin banyak orang akan mengetahui betapa pentingnya kenetralan jaringan dan dengan pengetahuan mereka tentang rencana para ISP tersebut, bukan hanya kesepakatan tersembunyi di antara para perusahaan besar, tetapi tentang apa yang akan mereka utarakan kepada para pengguna seAndainya para pengguna meminta penjelasan dari penyedia jasa masing-masing tentang akses para pengguna di tahun 2012 nanti. Selama masih ada alternatif, kita bisa menekan para ISP yang mengaku sangat menentang kenetralan jaringan dan mendukung siapapun yang berdiri dan memilih untuk memberikan pengguna mereka kebebasan bahkan setelah tahun 2012. Kita bisa terus mendorong hukum kenetralan jaringan dan kita bisa mulai menyebarkan informasi ini pada skala besar untuk memastikan para ISP berpikir dua kali sebelum menyetujui apapun yang menentang kebebasan internet sebagai wadah yang sangat terbuka seperti sekarang ini.
Sudah menjadi tanggung jawab kita untuk menyebarkan berita ini dan menggunakan sarana apapun untuk menyebar luaskannya lagi. Mari kita bersama pastikan kalau pada tahun 20120, ISP akan batal melakukan rencana mereka tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: