Memperkenalkan Distro Linux Baru, Exherbo

Pada tanggal 19 Mei, mantan pengembang Gentoo Bryan Østergaard mengumumkan lahirnya sebuah distro Linux baru yang dinamakan Exherbo. Distro ini telah dikembangkan selama beberapa bulan berdasarkan ide dan pengalamannya yang panjang dalam mengembangkan Gentoo.

Yang saya rasa menarik dari distro baru ini, Exherbo tidak hanya merupakan sebuah distro baru yang ditargetkan untuk pekerjaan tertentu seperti Medibuntu (Multimedia), Edubuntu (edukasi) ataupun hanya berusaha membuat sebuah distro yang mudah pakai.

Dengan menggunakan sebagian source code dari Gentoo, Exherbo berusaha untuk membuat sebuah distro yang lebih baik secara fundamental. Untuk saat ini, Exherbo memiliki fokus terhadap beberapa fitur yang fundamental untuk kesuksesan sebuah sistem operasi Linux:

  • Packaging system baru bernama “Exheres” yang mirip dengan ebuild Gentoo, tetapi tidak kompatibel karena beberapa perbedaan teknis
  • Toolchain yang lebih baik
  • Initsystem baru yang disebut “Genesis”, dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputasi abad 21, bebas dari hal-hal lama yang tidak berguna

Untuk saat ini Exherbo masih berada dalam tahap pengembangan awal dan mereka akan mengumumkan fitur-fitur baru sejalan dengan pengembangan. Mereka bahkan belum menyediakan panduan instalasi di situsnya dan tidak menyarankan Exherbo untuk pemakaian sehari-hari, bahkan untuk para pengembang.

Akan tetapi, apabila anda tertarik dengan hal-hal seperti ini atau berniat untuk berkontribusi, Anda dapat melakukan kompilasi langsung dari source tree Exherbo.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: