10 Karya Terbaik & Terburuk Bill Gates

Sebagai penghargaan terhadap dedikasinya terhadap industri komputer, berikut kami hadirkan 10 karya terbaik, sekaligus 10 blunder terbesar Bill Gates sepanjang karirnya dengan Microsoft selama hampir 40 tahun.

Karya Terbaik

Internet Explorer (IE) (1995)

Tidak sulit bagi masyarakat untuk mengingat “Internet Explorer” sebagai stAndar yang sekaligus membentuk imej Gates sebagai raja perusahaan teknologi. IE juga merupakan aplikasi yang memimpin pembuatan aplikasi berbasis Ajax melalui spesifikasi XMLHttpRequest dan mempopulerkan CSS, walaupun instalasi CSS di IE cenderung kalah dari kebanyakan browser modern lainnya hari ini.

Media Center (2002)
DVR milik Tivo mendominasi dan kompetitor yang terus datang – dan pergi lagi selama bertahun-tahun, Media Center selalu menjadi produk berkualitas tinggi yang kurang dihargai. Bahkan Bill sekalipun mengakui bahwa perusahaan terus berjuang untuk mempermudah pemakaian produknya, akan tetapi Windows Media Center benar-benar membuktikan bahwa Microsoft masih mampu membuat produk canggih yang mudah pakai.

MS-DOS (1981 – 2000)
Yang satu ini adalah legenda dan tidak dapat dipakai oleh manusia biasa – namun mendatangkan uang bak air bagi Bill, dan menolong Microsoft membuat konsep lisensi software.

Office (1989 di Mac, 1990 di PC)
Word, Excel dan PowerPoint secara terpisah dapat menjalankan tugasnya dengan baik, namun saat Microsoft mengkombinasikan mereka menjadi satu paket yang dinamakan Office – ia memiliki nilai jual yang telah terbukti dapat meningkatkan produktivitas – dibutuhkan oleh hampir semua perusahaan hingga saat ini.

Peripherals (1982)
Microsoft telah menjadi perusahaan software sejak awal berdiri, tidak mencegah mereka dari membuat perlengkapan berkualitas tinggi. Sebelum Xbox dan Zune, mereka bahkan telah mempopulerkan mouse wheel, force-feedback joysticks, controller, tetikus optik modern dan keyboard ergonomis.

Windows 3.1 (1992) / NT 3.5 (1994)
Butuh beberapa versi sebelum sukses, namun saat akhirnya Windows mengeluarkan versi 3.1. Microsoft akhirnya memiliki produk yang dapat menarik pengguna PC dari command line. Windows NT mungkin tidak dapat memuaskan dahaga semua pengguna, namun setidaknya ia membawa OS ke dunia 32-bit sekaligus membuka jalan bagi desktop komputer yang kita kenal hari ini.

Windows 2000 dan XP (2000)
Saat berpikir tentang Microsoft dan millennium baru, untunglah Windows ME bukan satu-satunya produk yang datang menyusul Y2K, karena Windows 2000 segera datang untuk menyelamatkan dunia. Windows 2000 sangat sukses sehingga Gates memutuskan untuk menggunakan Windows 2000 sebagai pondasi untuk OS desktop selanjutnya, yaitu XP yang di pAndangan banyak orang masih merupakan OS berkualitas tinggi yang terakhir kali dikeluarkan Microsoft.

Windows CE / Mobile (1996)
Dua proyek Windows CE dan Windows Mobile langsung dijalankan berdasarkan perintah Bill. Apa yang semula hanyalah sebuah komponen kecil, kini telah berkembang menjadi mobile OS yang dapat dipakai di hampir semua alat portabel yang ada.

Xbox (2001) dan Xbox 360 (2005)
Pada tahun 1999, Bill percaya dengan bahwa semua multimedia pada akhirnya akan berkumpul di satu tempat dan mengatakan bahwa bahwa game baru / alat multimedia akan menjadi kuda trojan bagi Microsoft untuk memasuki ruang keluarga di seluruh dunia. Pada tahun 2001, Xbox memasuki teritori baru yang sebelumnya didominasi oleh Sony Playstation dan Nintendo N64.

Visual Basic (1991 – 1998)
Visual Basic membawa dampak yang sangat besar bagi dunia komputer. Walaupun pemakai komputer biasa mungkin belum pernah mendengar tentang VB pertama yang dirilis Microsoft 17 tahun yang lalu, kemudahan pakai dan tampilan grafis yang dimiliki VB memungkinkan banyak antusias untuk menjadi pengembang aplikasi yang berakibat ke banyaknya aplikasi pihak ketiga yang dibuat untuk Windows di tahun 1990-an.

Runners-up: DirectX, Flight Sim, Portable Media Center, Solitaire dan Minesweeper

10 Karya Terburuk Bill Gates

Auto PC (1998 – 2001)
Melanjutkan kesuksesan dari segmen PC portabel, Microsoft membuat Auto PC yang awalnya berjanji untuk merevolusikan hiburan dalam mobil. Namun masalahnya saat Auto PC diluncurkan, mobil-mobil sudah dilengkapi dengan berbagai macam CD-player. Alat navigasi dalam mobil, pengenalan suara dan pemutar MP3 saat itu masih dianggap fiksi ilmiah (terutama mengingat harganya yang masih lebih dari empat digit saat itu).

Microsoft Bob (1995 – 1996)
Sayang sekali, tidak ada yang memberikan Bob kesempatan karena ia sangat mengganggu. Bill saat itu kencan dengan Melinda French, menejer program dari Bob. Namun sayangnya Bob membutuhkan kinerja lebih banyak dari yang dimiliki kebanyakan komputer yang ada saat itu dan pasar yang ada cukup besar. Untungnya, hubungan asmara antara Bill dan Melinda tidak mengalami nasib yang sama.

Cairo (1991, tetapi tidak pernah dirilis)
Tanyakan kepada orang-orang apa yang mendefinisikan peta teknologi Microsoft pada era 90-an dan Anda akan mendapatkan “Cairo” sebagai jawaban. Diumumkan sebelum Windows NT 3.1 dirilis, Cairo terkadang dideskripsikan sebagai sebuah sistem operasi, terkadang sebagai sebuah koleksi beberapa teknologi baru yang dimaksudkan untuk membimbing Microsoft mencapai arsitektur yang lebih baik dari NT. Setelah menghabiskan uang dan waktu pengembangan yang tidak terhitung, akhirnya Cairo dibatalkan.

MSN Music (2004) dan URGE (2006)
Saat MSN Music, usaha Microsoft untuk membuat sebuah toko musik online yang menggunakan sistem subkripsi gagal, Bill yang keras kepala melakukan apa yang biasanya ia lakukan, membuat merk baru dan meluncurkannya kembali. Saat ia muncul pada CES 2006 sebagai URGE yang merupakan proyek kerja sama dengan MTV, banyak orang yang skeptis, dan layanan ini pun kembali gagal.

Origami / UMPC (2006)
Barang yang satu ini terlalu mahal, tidak terlalu bermanfaat, menggunakan OS untuk desktop dan memiliki umur batterai yang pendek menunjukkan bahwa UMPC masih belum benar-benar siap pakai.

OS/2 (1987 – 2006)
Dimulai sebagai proyek kolaborasi antara Microsoft dengan IBM dan pada awalnya dianggap sebagai penerus kerajaan DOS/Windows. Pada awalnya OS ini menunjukkan potensinya dengan menggunakan file system HPFS, kapabilitas jaringan yang lebih baik dan tampilan yang rumit. Akan tetapi memburuknya hubungan antara kedua perusahaan kemudian membunuh OS/2.

Dengan Windows 3 yang mendadak sukses, IBM yang tidak mau membuat OS yang kompatibel dengan semua perangkat keras, dan Microsoft yang tidak menyukai coding OS/2 yang “berkinerja lambat,” Gates akhirnya memutuskan untuk tidak meneruskan pengembangan OS tersebut.

SPOT watches dan MSN Direct (2004 – 2008)
Saat konsep jam tangan yang secara otomatis dapat menerima konten melalui frekuensi FM diperkenalkan oleh Microsoft, tampaknya hal itu merupakan sebuah ide brilian. Bill bahkan secara pribadi menangani proyek tersebut. Namun saat produk ini diluncurkan, ia sudah dilanda berbagai masalah: penampilan yang luar buruk dan ukuran yang terlalu besar ditambah kampanye iklan yang buruk. Plus, mobile web sudah mulai menghangat, semua orang yang tertarik dengan konsep ini sudah bisa mendapatkan semua informasi yang mereka butuhkan melalui ponsel.

Windows Genuine Advantage (2001)
Tergantung siapa yang Anda tanya, WGA merupakan pelanggaran privasi yang sangat serius, penyebab sakit kepala, hanya perlindungan minimal terhadap pembajakan atau semuanya.

Windows ME (2000)
Tidak ada seorangpun yang cukup mengerti alasan keberadaan Windows Millenium Edition. Tidak seperti Windows 2000 yang berbasis NT, Windows ME tetap mempertahankan MS-DOS sebagai pondasinya, dan bahkan berkinerja lebih lambat dan tidak stabil lagi dibandingkan pendahulunya Windows 95 dan 98.

Windows Vista (2007)
Saya rasa yang ini sudah tidak perlu penjelasan lagi. Membutuhkan waktu pengembangan yang luar biasa, tetapi saat peluncurannya mengalami banyak sekali masalah dengan kompatibilitas browser, perangkat keras dan banyak lagi. Vista juga banyak dianggap oleh banyak perusahaan besar untuk tidak membawa banyak keuntungan selain tampilan dibandingkan Windows XP. Runner-up: Actimates, Pocket IE, Games for Windows – Live, Xenix

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: