Mencari Gambar Duplikat Dengan Cepat

Jika Anda menyimpan terlalu banyak file gambar di hard disk (HD), entah itu hasil unduhan atau foto dari berbagai sumber, kemungkinan besar Anda akan memiliki duplikat dari file yang sama. Dan apabila Anda tidak ingin menyia-nyiakan kapasitas HD yang tersedia, maka Anda harus menemukan file duplikat tersebut dan menghapusnya. Tetapi, bagaimana caranya menemukan gambar duplikat dengan mudah dan cepat jika dari sekian banyak gambar yang kita miliki?

Tinggalkan cara manual dan gunakan aplikasi VisiPics. Aplikasi ini akan membantu Anda dalam mencari gambar duplikat dan lebih baik dari aplikasi sejenis yang biasanya terbatas hanya pada mencocokkan nama file, ukuran dan tanggal pembuatan saja. Visipics menggunakan algoritma untuk memeriksa setiap gambar dan membandingkannya dengan gambar lain, tidak hanya berdasarkan parameter file, tetapi juga berdasarkan tampilan gambarnya.

visipicsinterface

Contoh file yang teridentifikasi sebagai duplikat dapat berupa dua gambar yang sama tetapi berbeda resolusinya, gambar yang sama tetapi dalam format yang berbeda atau juga gambar yang sama tapi sudah sedikit dimodifikasi. Agar hasil pencarian lebih efektif dan efisien, Visipics menyediakan opsi filter dalam bentuk slider yang jika digeser semakin ke atas (“strict”), akan menggunakan kriteria yang lebih ketat sehingga menghasilkan gambar yang hampir identik. Sebaliknya memilih parameter “loose” akan memunculkan gambar dengan perbedaan yang lebih besar, contohnya dua foto hasil yang diambil dalam burst mode (pengambilan banyak gambar dalam hitungan milidetik) di mana walaupun terdapat perpindahan obyek, tetap akan dianggap sebagai file duplikat.

visipicsfiltersliderProses pencocokan antar gambar menggunkaan Visipics diklaim paling cepat dibandingkan kebanyakan aplikasi sejenis yang berbayar karena telah multi threading. Percobaan memindai 100.000 gambar dengan berukuran total 15 GB hanya membutuhkan sekitar 3 jam. Saat proses pindai sedang berjalan, duplikat yang ditemukan akan langsung dimunculkan dan dapat langsung dihapus gambar terduplikasi tersebut tanpa harus menunggu proses pindai selesai. Adanya fitur Auto-Select mode juga dapat membantu mempercepat penghapusan gambar duplikat.

Format yang didukung oleh Visipics mencakup JPEG, GIF, PNG, BMP, PCX, TIFF, TGA dan RAW. Aplikasi yang memiliki tampilan sederhana dan mudah pakai ini bisa Anda dapatkan secara gratis. Unduh Visipics 1.3 di sini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: