Gmail Dapat Digunakan Secara Offline di Ponsel

Belum sampai sebulan berlalu sejak Google mengumumkan fitur pemakaian Gmail secara offline di desktop melalui teknologi Google Gears, kini di Mobile World Congress Vic Gundotra yang menjabat posisi VP of Engineering di Google memperlihatkan sebuah versi Gmail yang juga mendukung pemakaian offline untuk ponsel pintar seperti iPhone dan HTC Magic (Android).

Perbedaan utama implementasi fitur offline Gmail mobile adalah fakta bahwa mereka bahkan tidak perlu menggunakan Google Gears untuk menyimpan data secara lokal, melainkan menggunakan dua komponen kunci HTML 5 yaitu “Database” dan “App Cache”. Selain dapat membaca email secara offline, versi mobile ini juga mendukung penggunaan label, fitur-fitur lain masih belum banyak didiskusikan, tetapi seharusnya kita akan mendengar lebih banyak lagi berita tentang fitur ini menjelang diluncurkannya versi baru Gmail.

Dalam video di atas, Gundotra juga menekankan bahwa versi mobile Gmail memiliki tampilan yang sama persis, baik di iPhone maupun HTC Magic yang menggunakan browser berbeda (walaupun tetap berbasis WebKit), menambahkan bahwa para pengembang tentunya sangat senang dengan inovasi ini, karena mereka kini hanya perlu menulis satu aplikasi saja yang langsung dapat dipakai di semua platform dengan browser yang mendukung HTML 5.

Selain Gmail, Gundotra juga memperlihatkan Google Maps baru untuk Palm Pre, sebuah ponsel pintar buatan Palm dengan WebOS yang juga mendukung kapabilitas multi touch. Anda dapat melihat videonya di bawah ini.

Satu Balasan ke Gmail Dapat Digunakan Secara Offline di Ponsel

  1. Windu mengatakan:

    Waduh, ponsel2 biasa kayaknya g bisa ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: