Langkah-Langkah Bayi

baby_footDalam salah satu film drama keluarga “What About Bob?” yang dibintangi oleh Bill Murray dan Richard Dreyfuss. Itu adalah kisah seorang “lintah” yang tidak berfungsi dengan baik, yang banyak takutnya, yang tidak dewasa, yang berotak kecil, bernama Bob, yang tidak pernah enyah. Ia melekatkan dirinya kepada Dr. Marvin, seorang psikiater terkenal, yang tidak menginginkan apa-apa selain terlepas dari Bob dan akhirnya memberinya buku yang ditulisnya berjudul Baby Steps (langkah-langkah bayi). Katanya pada Bob bahwa cara terbaik untuk menyelesaikan masalahnya bukanlah dengan mencerna terlalu banyak sekaligus, melainkan mengambil “langkah-langkah bayi” untuk mencapai sasaran-sasarannya. Bob kegirangan! Ia tidak lagi perlu kuatir tentang bagaimana caranya pulang dari tempat praktek Dr. Marvin, suatu tugas besar bagi Bob. Bob tinggal mengambil langkah-langkah bayi untuk keluar dari tempat praktek Dr. Marvin, menuju lift, dan seterusnya.

Inilah langkah-langkah bayi, langkah-langkah kecil yang mudah, yang bisa segera kamu lakukan, untuk membantu menerapkan kebiasaan remaja yang sangat efektif.

LANGKAH-LANGKAH BAYI :

  1. Lain kali kamu bercermin, katakanlah sesuatu yang positif tentang dirimu sendiri,
  2. Hargailah pandangan seseorang hari ini. Katakanlah sesuatu seperti, “He, itu ide bagus”.
  3. Pikirkan suatu paradigma tentang diri sendiri yang mungkin menghambat, seperti “aku tak supel’. Lalu, lakukanlah sesuatu hari ini, yang sama sekali bertentangan dengan paradigma itu.
  4. Ingat-ingatlah orang yang kamu sayangi atau teman dekat, yang memperlihatkan sikap tidak berkarakter (buruk) belakangan ini. Renungkanlah apa yang mungkin menyebabkan mereka seperti itu.
  5. Kalau tidak ada kerjaan, apasih yang kamu pikirkan? Ingatlah, apapun yang paling penting bagimu, akan menjadi paradigmamu atau pusat hidupmu. Apa saja yang menyita waktu dan tenagaku? ………………………………………………………………………………………………
  6. Aturan emas lah berlaku! Mulailah hari ini, dengan memperlakukan orang lain seperti kamu ingin diperlakukan. Jangan tidak sabaran, mengeluh kalau tidak dapat sisa, atau menjelek-jelekan seseorang, kecuali kamu juga ingin diperlakukan demikian.
  7. Carilah waktu dan tempat di mana kamu bisa sendirian. Renungkanlah apa yang paling penting bagimu.
  8. Dengarkan lirik musik yang paling sering kamu dengarkan. Evaluasilah apakah lirik tersebut sesuai dengan prinsip-prinsip yang kamu yakini.
  9. Kalau sedang mengerjakan pekerjaan di rumah atau ditempat kerja malam ini, cobalah prinsip kerja keras. Tempuhlah jarak ekstranya dan lakukan lebih dari yang diharapkan.
  10. Lainkali kamu berada dalam situasi berat dan kamu tahu tidak harus berbuat apa, tanyakan pada diri sendiri, “Prinsip apa yang harus aku terapkan (misalnya, kejujuran, kasih, loyalitas, kerja keras, kesabaran)?” Lalu, ikutilah prinsip itu tanpa menengok ke belakang lagi.

3 Balasan ke Langkah-Langkah Bayi

  1. Arief mengatakan:

    Pak mohon izin mengutip blognya di http://www.facebook.com/group.php?gid=106822799546

    untuk komunitas relawan 7 Kebiasaan, mohon kunjungi grup fb untuk saran-sarannya

    Terima Kasih

  2. astry mengatakan:

    OK, Silahkan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: