Nyeri Haid dan Tips Pencegahannya

nyerihaid

Sebenarnya setiap menstruasi menyebabkan rasa nyeri, terutama pada awal mens. Akan tetapi tidak semua perempuan mengalami kadar nyeri yang sama.

Ada perempuan yang merasakan sangat sakit sampai mau pingsan dan tidak bisa masuk sekolah atau kerja, tapi ada yang dengan tidur saja sudah sembuh, malah ada yang tidak terasa sama sekali.

Rasa nyeri haid yang berat disebut dismenorhae . Nyeri haid dibagi dua jenis, yaitu:

Nyeri haid primer, timbul sejak haid pertama dan akan pulih sendiri dengan berjalannya waktu, dengan lebih stabilnya hormon tubuh atau perubahan posisi rahim setelah menikah atau melahirkan.

Nyeri haid ini adalah normal, namun dapat berlebihan apabila dipengaruhi oleh faktor fisik dan psikis seperti stress, shock, penyempitan pembuluh darah, penyakit yang menahun, kurang darah, kondisi tubuh yang menurun, atau pengaruh hormon prostaglandine. Gejala ini tidak membahayakan kesehatan.

Nyeri haid sekunder biasanya baru muncul kemudian, yaitu jika ada penyakit yang datang kemudian. Penyebabnya adalah kelainan atau penyakit seperti infeksi rahim, kista atau polip, tumor sekitar kandungan, atau bisa karena kelainan kedudukan rahim yang menetap.

Ada juga yang disebut dengan endometriosis, yaitu kelainan letak lapisan dinding rahim yang menyebar keluar rahim, sehingga apabila menjelang menstruasi, pada saat lapisan dinding rahim menebal, akan dirasakan sakit yang luar biasa. Selain itu, endometriosis ini juga bisa mengganggu kesuburan.

Untuk mengetahui masalah menstruasi yang kita alami, sebaiknya konsultasi ke dokter. Tapi sebelumnya perhatikan dulu tanda tanda berikut ini:

Timbul nyeri hebat, terutama jika baru muncul di kemudian hari yang diperkirakan ada yang kurang beres dalam organ reproduksi, terutama apabila rasa nyeri itu semakin lama semakin hebat.

Jika darah mens yang keluar sangat berlebihan, sehingga membutuhkan pembalut lebih dari selusin tiap hari, jika masa haid lebih dari sembilan hari, apabila mens tidak pernah teratur sejak semula.

Muncul noktah darah (spotting) antara dua daur menstruasi atau warna darah tidak seperti biasanya, misalnya lebih kecoklatan atau malah merah segar.

Jika muncul salah satu atau lebih dari tanda-tanda diatas, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.
(Sumber: Beauty & Health Tips)

Berdasarkan teori diatas, saya mencoba beberapa pencegahan, semoga bermanfaat untuk anda. Tipsnya antara lain, dilakukan saat mendekati tanggal haid anda :
1. Mencegah stres,
2. Pola makan teratur,
3. Jangan makan yg asem-asem dan pedes,
4. Jangan kecapean/istirahat teratur,
5. Yang paling mempengaruhi, tidur cukup.
Saya sudah pernah mencoba menggunakan cara 1-3, tapi masih nyeri tapi setelah saya coba dengan no 4 dan 5 alhamdulillah saya tidak mengalami nyeri sedikitpun..

6 Balasan ke Nyeri Haid dan Tips Pencegahannya

  1. yantysa mengatakan:

    gimana ngatasin kalau perut terus-terus sakit-sakitan?? dan gimana solusi kalau haid terus-terusan berlangsung 15 hari??

  2. astry mengatakan:

    Minum jamu aja, tapi baiknya bikin sendiri. Kaya perasan kunyit atau dgn berendam air hangat, campurkan garam mandi ataupun minyak aromatic yang sedang tren untuk relaksasi.
    Yang lebih bagus lg, hitung tgl haid anda. 2-3 hari sebelum haid jaga kesehatan terutama pola makan (termasuk jgn makan pedes/asem) dan istirahat cukup. Alhamdulillah saya sukses mencobanya.

  3. nisa mengatakan:

    awal z haid,
    yah kira2 3 bulan itu sangat teratur,, tp tba2 brhenti selama setahun ..
    dan selama brhenti itu kemudian z mgalami haid yg sangat luar biasa sakitx smpe skrg z udah brumur 18 tahun..
    haidx teratur, lancar dan hax brlangsg 4 – 5 hari sj apakah itu normal mohon dikonfirmasi…

  4. nisya mengatakan:

    apa sih ponyebab timbulnya haid???

  5. Yunie mengatakan:

    Apah obat paling mujarab untuk mngobati rasa nyeri sakit haid yang tidak menyebabkan ketergantungan…..
    Tolong di konfirmasi….tks

  6. sabna mengatakan:

    seperti apa darah haid yang sehat?
    apakah sperti drah segar ataw berupa gumpalan ataw seperti darah berlendir…..????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: