Melalui Seni, Jepang Memohon Maaf Atas Penjajahan Di Masalalu

Midori Hirota adalah seniman seni rupa. Pada tahun 1990 Midori menginjakkan kakinya ke Pulau Bali untuk belajar seni rupa atas bantuan dana dari pemerintah Jepang. Midoro mendapat beasiswa dari Nagoya Art and Culture Enterprise untuk tinggal selama empat bulan di Bali. Pada tahun 1994, ia kembali mendapat beasiswa dari Aichi Prefectural Office untuk tinggal dan berkesenian selama dua tahun di Bali.

Selain menetap dan berkarya di Bali, Midori juga harus mengunjungi kota-kota besar di pulau Jawa seperti Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta. Di kota-kota tersebut Midori dapat melihat berbagai pameran sekaligus mencari tempat dimana ia bisa memamerkan karyanya sendiri.

Pada tahun 1995, Midori mengadakan pameran bersama seniman-seniman Bandung. Setelah pameran di Bali, Midori tinggal di Bandung selama sebulan untuk berpameran. Hampir setiap hari ia berdiskusi dengan mahasiswa seni rupa ITB dan berinteraksi dengan kegiatan mahasiswa.

Tahun 1999, Midori mendapat beasiswa dari pemerintah Indonesia untuk belajar di Institut Seni Indonesia Yogyakarta selama setahun. Awalnya, Midori terpaksa bolak-balik antara studioya di Bali dan kos-kosannya di Yogyakarta. Melihat iklim berkesenian yang lebih baik untuknya, midori kemudian memutuskan untuk hijrah ke Yogyakarta dari Bali. Karya-karya Midori selama ini memiliki satu kesatuan makna yang utuh, yaitu proses pencariannya terhadap Tuhan.

Tahun 2003 Midori ditugasi kedutaan besar Jepang di Indonesia untuk membuat kegiatan seni rupa dengan tujuan untuk pertukaran budaya Jepang dan Indonesia. Kegiatan tersebut di beri nama What Us In Your Pocket?. Acaranya sendiri berupa pameran senirupa, pemutaran film Jepang, dan Konser Musik.

Melalui kunjungannya dan pameran seninya merupakan ungkapan permohonan maaf bangsa Jepang di masalalu yang telah menjajah bangsa indonesia. Dia mengatakan dalam penjajahan bukan Indonesia atau Jepang yang salah waktu itu, tapi pemerintahan Jepang pada masa itu yang salah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: