Pandangan Rakyat AS terhadap 100 Hari Obama

0753583pWASHINGTON – Untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak warga AS yang bersikap optimistis terhadap arah kebijakan yang diambil oleh pemerintah mereka.

Pandangan yang mengemuka dari sebuah hasil jajak pendapat ini merupakan suatu isyarat bahwa Presiden Barack Obama telah menggunakan masa 100 hari pertama pemerintahannya untuk mengangkat harapan dan kepercayaan publik akan masa depan AS yang lebih cerah.

Sebuah jajak pendapat yang digelar oleh Associated Press-GfK menunjukkan bahwa sebagian besar warga AS mempertimbangkan presiden baru mereka itu sebagai pemimpin yang memiliki ketangguhan, etika serta empati untuk mengubah Washington menuju perbaikan yang diharapkan. Tak ada yang tahu berapa lama masa bulan madu ini akan berakhir, tetapi Obama telah mewujudkan mantra kampanye yes-we-can selama masa kampanyenya ke dalam tata pemerintahan yang baik. Kemampuan Obama untuk menginspirasikan keyakinan di kalangan publik telah diperhadapkan pada realita politik berat dari 2 masalah besar yang menerpa AS, resesi ekonomi serta setumpuk masalah domestik. “Ia berhasil menumbuhkan keyakinan publik akan prospek AS yang lebih baik,” kata Cheryl Wetherington (35), salah satu koresponden independen yang mengelola sebuah toko coklat di Gardner, Kan.

Namun, beberapa hasil jajak pendapat AP-GfK dapat memperberat posisi Obama saat ia mendekati 100 hari pertama masa pemerintahannya, 29 April. Meskipun ada bukti yang menunjukkan bahwa warga AS semakin optimis dengan prospek ekonomi, 65 persen di antaranya mengaku sulit menghadapi kenyataan pemutusan hubungan kerja.

Hampir 80 persen responden yakin melonjaknya utang federal akan berdampak terhadap generasi mendatang. Hasil jajak pendapat AP-GfK menunjukkan dukungan publik terhadap performa tanggung jawab Obama mencapai 64 persen atau sedikit menurun dari 67 persen pada Februari. Sementara dukungan publik terhadap George W. Bush pada masa 100 hari pertama kekuasaannya mencapai sekitar 50an persen.

Jajak pendapat AP-GfK diselenggarakan pada 16-20 April oleh GfK Roper Public Affairs and Media. Jajak pendapat ini diselenggarakan lewat wawancara di antaranya melalui telpon seluler dengan 1.000 warga dewasa di AS. Marjin kesalahan dari jajak pendapat ini mencapai plus atau minus 3,1 poin persentase.

Sumber : kompas.com

Satu Balasan ke Pandangan Rakyat AS terhadap 100 Hari Obama

  1. andreas mengatakan:

    Barangkali berguna penilaian yang agak unik berikut ini

    100 Hari Presiden Obama : The Most Expensive President Since 1945

    Itulah kesimpulan Grabor Steingart, jurnalis Spiegel yang bertugas di biro Washington DC terkait kinerja 100 hari Presiden Obama. Dalam penilaian Steingart kinerja 100 hari presiden baru ini dicirikan mahal, glamour dan kontradiktif.

    Grabor bekerja di majalah berita DER SPIEGEL sejak 1990, reputasinya teruji hingga meraih penghargaan jurnalistik. Bukunya yang paling laris adalah “The War for Wealth: The True Story of Globalization or Why the Flat World Is Broken” yang diterbitkan di Amerika Serikat dan Inggris tahun 2008 oleh McGraw Hill.

    Silah kunjung
    http://lenteradiatasbukit.blogspot.com/2009/05/100-hari-presiden-obama-most-expensive.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: