Pilot Tewas, Penumpang Ambil Alih Kemudi

WASHINGTON – Seorang penumpang mengambil alih kemudi sebuah pesawat bermesin ganda setelah pilot tewas dan berhasil mendaratkan pesawat yang membawa lima orang itu dengan selamat di bandara Florida, kata Badan Penerbangan Federal (FAA), Senin (13/4).

Peristiwa pendaratan itu terjadi Minggu, beberapa menit setelah pesawat King Air meninggalkan Pulau Marco di dekat Naples, Florida, dalam penerbangan ke Jackson, Mississippi. “Beberapa saat setelah berangkat, pilot kehilangan kemampuan,” kata Kathleen Bergen, seorang jurubicara FAA.

“Seorang penumpang berhasil mengendalikan pesawat itu, berkomunikasi dengan pengawas lalu-lntas udara dan mendaratkan pesawat itu dengan selamat di Fort Myers (Florida),” tambahnya.

Penumpang yang mengambil alih kendali atas pesawat itu pernah menerbangkan pesawat bermesin tunggal. Namun, ia tidak dipertimbangkan untuk menerbangkan sebuah pesawat bermesin ganda King Air, katanya.

Maka, penumpang itu menghubungi seorang instruktur temannya di Connecticut yang kemudian berbicara dengannya selama penerbangan 40 menit itu. Penyebab kematian pilot itu belum diungkapkan dan menunggu hasil otopsi.

KOMPAS.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: